Industri Sangkar Burung Mojosongo, Tembus 1 Milyar Per Bulan

sangkar-burung-mojongso

Siapa sangka pembuatan sangkar burung bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Semua sangkar yang sudah selesai produksi selalu ludes terjual karena jumlah pemesan yang banyak. Dengan omzet sekitar 1 Milyar perbulan, menjadikan sentra industri sangkar burung Mojosongo menjadi salah satu industri yang sangat berkembang di kota Solo.

Hingga kini produk dari sentra industri sangkar burung Mojosongo telah merambah ke seluruh wilayah Indonesia. “Pulau Sumatera menjadi pasar terbesar kami. Banyak penggemar burung di Sumatra karena burung di sana bagus-bagus sehingga sangkar burung banyak dibutuhkan disana,” kata Bambang selaku Ketua Cluster Sangkar Burung Manunggal, Selasa (22/1/2013). Ia bahkan mengaku kuwalahan atas pemenuhan permintaan pasar Indonesia yang sangat tinggi.

Proses pengerolan bambu, merupakan salah satu proses dalam pembuatan sangkar burung. Dalam satu hari pekerja mampu menyelsaikan hingga 40 sangkar jenis sangkar kenari tergantung dari kualitas bambu yang digunakan.

Proses pengerolan bambu, merupakan salah satu proses dalam pembuatan sangkar burung. Dalam satu hari pekerja mampu menyelsaikan hingga 40 sangkar jenis sangkar kenari tergantung dari kualitas bambu yang digunakan.

Awal Mula Berdirinya Industri Sangkar Burung Mojosongo

Sebelum resmi menjadi Sentra Industri Sangkar Burung Mojosongo pada tahun 2006, pembuatan sangkar burung di daerah ini tidak terkoordinasi dengan baik. “Tahun 2000-2002 sempat terjadi persaingan yang tidak sehat di sini. Para pengrajin saling membanting harga untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak,” tutur Bambang.

Sejak tahun 2002 dengan program pendampingan yang bekerja sama dengan pihak Pemerintah dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Sentra Industri Sangkar Burung Mojosongo menerapkan sistem cluster. Terdapat empat cluster untuk daerah Utara, Timur, Selatan, dan Barat. “Dengan sistem ini para pengrajin saling terintegrasi, dalam satu cluster terdapat 20 orang pengrajin dengan spesifikasi kerja sendiri-sendiri, jadi tidak saling menjatuhkan,” jelas Bambang yang juga ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Pekerja melakukan proses penghalusan bambu yang akan dijadikan bahan pembuatan sangkar burung di Sentra Industri sangkar di Mojosongo, Surakarta (22/1). Lebih dari 1000 warga berprofesi sebagai perajin sangkar burung di sentra industri tersebut.

Pekerja melakukan proses penghalusan bambu yang akan dijadikan bahan pembuatan sangkar burung di Sentra Industri sangkar di Mojosongo, Surakarta (22/1). Lebih dari 1000 warga berprofesi sebagai perajin sangkar burung di sentra industri tersebut.

Dari Sangkar Burung Murel, Kenari, sampai Lovebird

Salah satu cluster adalah Sangkar Manunggal . Sentra industri ini memproduksi tiga jenis sangkar, yaitu sangkar untuk burung murel, kenari, dan lovebird. Dalam sehari satu pengrajin bisa menghasilkan satu sangkar burung murel, atau tiga sangkar burung kenari, atau lima sangkar burung lovebird. Hal ini disesuaikan dengan spesifikasi kerja

Sangkar burung ini berbahan baku bambu dan dihargai Rp25.000 sampai Rp125.000 per buahnya. Untuk sangkar burung murel dipatok harga Rp125.000, sangkar burung kenari Rp40.000, dan sangkar burung lovebird Rp25.000. Dalam sehari satu cluster pengrajin mampu menghasilkan 40 sangkar burung. “Semua sangkar burung yang sudah jadi selalu ludes terjual karena jumlah pemesan yang sangat banyak,” ujar Bambang. Ia menjelaskan omzet cluster-nya per bulan bisa mencapai Rp 1 milyar lebih.

Pekerja menghitung jumlah sangkar yang akan dikirim ke Sumatera di salah satu gudang penyimpanan sangkar di sentra industri sangkar, Mojosongo, Solo (22/1). Distribusi sangkar menjangkau kawasan di luar Jawa seperti Lampung, jambi, Medan, hingga Kalimantan.

Pekerja menghitung jumlah sangkar yang akan dikirim ke Sumatera di salah satu gudang penyimpanan sangkar di sentra industri sangkar, Mojosongo, Solo (22/1). Distribusi sangkar menjangkau kawasan di luar Jawa seperti Lampung, jambi, Medan, hingga Kalimantan.

Fokus Garap Pasar Dalam Negeri

Industri sangkar burung Mojosongo sendiri masih memfokuskan untuk menggarap pasar dalam negeri. “Pasar dalam negeri masih sangat potensial. Selain itu, permintaan sangkar burung di luar negeri juga rendah dikarenakan burung merupakan satwa yang dilindungi di sana,” tutur Bambang.

Dalam pemasarannya, diakui bambang, Sangkar Manunggal tidak melakukan gencaran promosi dikarenakan permintaan yang sudah sangat tinggi. “Saya tidak melakukan promosi baik di internet maupun di dunia nyata karena kami sendiri sudah kesulitan memenuhi pesanan,” terang Bambang.

Kekurangan tenaga kerja dan bahan baku menjadi kendalanya. “Ke depan, kami akan fokus menambah tenaga kerja dulu untuk memenuhi permintaan pasar,” pungkas Bambang.

 

Editor : Duratun Nafisah

Comments

  1. lilistiyanto says

    kalo beli dlm jumlah partai,kira2 bisa gk bos..? soalnya di info tersebut,slalu ludes….

    • Joko Susilo says

      Terima pesanan sangkar burung lovebird dalam partai kecil maupun besar
      harga terjangkau dan kualitas terjamin
      hubungi 085229005059

    • says

      Sentra Industri Sangkar Burung Mojosongo tepatnya berada di Tegal Mulyo, Kampung Krajan, Mojosongo, Solo. Sedangkan produk sangkar burung biasanya dapat dijumpai juga di Pasar Burung Depok, Belakang Manahan. Terimakasih.

  2. Mulyono says

    Ass. Bs kami kirimkan semua model sangkar burung beserta harganya pak?? saya orang jogja ingin membantu sbg pemasar sangkar burung di area jogja. maturnuwun. Wss

  3. Edi Cahyo says

    Butuh sangkar burung jenis apa saja.. partai kecil atau besar.. ecer atau grosir call me Edi Cahyo 085725450008 atau 085292990616 atau kunjungi gudang kami di SANGKAR BURUNG “BERKAH” Mojosongo Solo. Terima Kasih.

  4. achmad says

    Ass.. admint Teras solo, bisa dikirimkan contoh model sangkar berikut list harganya untuk pengambilan partai kejakarta? tks

  5. susianto says

    Pak..kalau kami mau pesan sangkar untuk dijual kembali apa bisa? siapa yang bisa kami hubunggi? dan kalau boleh..saya minta gambar gambar contoh nya dan price list harganya. salam hormat.

  6. johan says

    Selamat pagi pak…apa bisa minta no telp kontak yg bisa dihubunggi untuk pemesanan..dan boleh minta contoh gambar dan price list harganya.

    • says

      Maaf bapak, baru kami usahakan untuk menyusun dan mengirim katalog ke email bapak. Info lebih lanjut, silakan hubungi via sms/whatsapp 081298042177 atau add pin bbm 2ab47d2a. Terimakasih.

  7. achmad says

    pak bisa dibantu untuk contoh foto sangkar berikut harganya ? jika pengambilan partai caranya gmn ?
    Tks ,
    Toko sangkar & acesoris om kicao. jakarta

  8. dadan says

    mas bisa minta rincian detail dari masing2 ukuran (harga dan bahan)….sy mau coba buka lapak di kuningan jawabarat mas….bs infokan ke 08562294343 mkasih mas

  9. tomy says

    om saya pengerajin ruji dengan alat mesin..saya insa allah bisa mensuplai ruji dengan segala ukuranmmlokasi di boyolali,sambi,sambi,085647100002..pin bb 26d67c7e

  10. herry wahyu s says

  11. Hara Rahiq S says

    maaf saya mau tanya, kalau harga sangkar love bird kira-kira brp ya?? kalau bisa saya mau pesen sangkar tapi hanya besinya saja tanpa pakai bawahan ..

  12. umar arifudin says

    salut sma pak bambang….
    semoga selalu bisa menjaga tali silaturahmi dengan’a….
    amin…
    besok” giliran saya yang berkunjung kerumah pak bambang yang baru..
    hehehe

  13. says

    Jika untuk dijual lagi, apa masih bisa untung? Dalam artian harga yang di sini harga pemakai atau harga penjual?

    Saya ingin khusus menjual sangkar burung.

    Terimakasih.

  14. joni says

  15. says

  16. hardy says

  17. darmiwati says

    ass. bapak saya pedagang sangkar burung di kota Taluk kuantan, kabupaten Kuantan Singingi. Riau, saya ingin daftar produk sangkar dan daftar harga, saya berminat untuk memesannya.

  18. akbar says

  19. santa says

    membutuhkan pengrajin sangkar tidak pak…? saya pengrajin sangkar jenis apa saja tapi dari kayu bukan dari bambu. minat hbngi 085210297709 alamat jepara jawa tengah trimakasih

  20. baba says

    buat para pengrajin sangkar cungkok atau jeruji yang bisa kirim surabaya dengan harga miring monggo sms kulo 087854000432 saya pemilik kios di PB surabaya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *